Bentuk-Bentuk Investasi yang Perlu Anda Ketahui

20.48

Semakin berkembangnya perekonomian dunia, semakin berkembang pula lahan bisnis yang menjanjikan termasuk dalam bidang investasi, seperti investasi properti yang sudah sejak lama diminati banyak orang. Akan tetapi, bentuk investasi sendiri sangat luas dan bermacam-macam dimana masing-masing menjanjikan keuntungan jangka panjang. Berikut adalah bentuk-bentuk investasi yang mungkin bisa Anda coba untuk menanamkan modal kedepannya.
  1. Investasi Saham
Investasi saham dilakukan dengan membeli saham di suatu tempat seperti saham perusahaan. Nantinya, apabila perusahaan mengalami keuntungan, maka pemegang saham akan memperoleh deviden atau sebagian keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Selain itu, ketika saham dijual ke pihak lain, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan melalui selisih harga yang lebih tinggi (capital gain). Akan tetapi, selisih harga juga bisa lebih rendah (capital loss) apabila harga saham sedang jatuh ketika dijual.
  1. Investasi Properti
Investasi properti biasanya berbentuk investasi perumahan (bangunan) dan tanah. Pemilik modal akan mendapatkan keuntungan ketika properti tersebut disewakan ke pihak lain atau menjualnya dengan selisih harga yang lebih tinggi.
  1. Reksa Dana
Reksa dana adalah bentuk kegiatan penghimpunan dana masyarakat seperti bank, dana pensiun, asuransi, pasar modal, dan lain-lain, yang dikelola oleh Manajer Investasi (MI). MI akan berperan sebagai perantara bagi masyarakat yang ingin berinvestasi ke perusahaan-perusahaan. Dana investasi dari berbagai pihak nantinya akan dikumpulkan di bank kustodian untuk diinvestasikan dalam efek saham dan obligasi. Sehingga, bentuk investasi ini cocok bagi Anda yang memiliki keterbatasan modal untuk berinvestasi dalam jumlah besar.
Selain bentuk investasi di atas, masih terdapat bentuk lainnya seperti investasi emas, mata uang asing, barang-barang koleksi, obligasi, deposito di bank, dan lain-lain. Setelah belajar mengenai bentuk dan cara berinvestasi, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui dimana tempat yang tepat untuk menanamkan modal. Anda perlu memastikan apakah tempat tersebut terpercaya dan benar-benar mampu memberikan keuntungan bagi Anda kedepannya. Sebagai contoh, apabila ingin memulai investasi properti, Anda bisa mencoba menanamkan modal di Margahayu Land. Kelompok usaha properti ini telah mengembangkan proyek pembangunan di berbagai wilayah di Indonesia selama tiga dekade, sehingga mengenai keterjaminan investasi tidak perlu dikhawatirkan lagi.

You Might Also Like

0 komentar